Tips dan Trik Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sesuai dengan Keppres Nomor 80 Tahun 2003

Posted: March 27, 2009 in Tips dan Trik
Tags:

Pengalaman ini sengaja saya bagi kepada semua teman – teman sesama pegawai negeri yang ingin sekali mendapatkan predikat ahli pengadaan barang/jasa yang ditandai dengan lulusnya ujian sertifikasi, entah itu L2 atau L4 dan L5. Dalam hal ini, saya akan membagikan sedikit apa yang telah saya dapatkan selama saya mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa. (Tips ini juga bisa berlaku untuk ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa pemerintah yang sudah tidak memakai grade L untuk peserta yang lulus ujian sesuai dengan Perpres 54/2010).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sertifikat ahli pengadaan harus dimiliki oleh setiap insan yang ingin dan akan menjadi Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Ketua Panitia dan Anggota Panitia baik itu Pengadaan untuk Jasa Pemborongan/Konstruksi/Barang, Jasa Konsultansi, dan Swakelola. Sertifikat ahli pengadaan menjadi syarat yang harus dipenuhi agar seseorang bisa terlibat dalam kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Lalu bagaimana untuk bisa lulus ujian dengan predikat L4 ?

Mungkin sebagian besar dari kita mengerti sistem penilaian yang dipakai dalam ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa. Namun, ada baiknya saya sampaikan bahwa untuk soal jenis pertama yang menggunakan metode B – S (Benar – Salah) mempunyai bobot nilai 2 (dua) dan jumlah soal sebanyak 25 (dua puluh lima) soal. Jenis soal kedua adalah multiple choice atau pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 55 (lima puluh lima) soal dan mempunyai bobot nilai 3 (tiga). Sedangkan jenis soal yang ketiga adalah Contoh Kasus yang terdiri dari 10 (sepuluh) soal dan mempunyai bobot nilai 4 (empat). Apabila semua jawaban dijawab dengan benar maka total nilai yang akan didapat sebesar 255 poin.

Dari sistem penilaian di atas, kita dapat mengklasifikasikan mana yang nilainya memenuhi syarat L2, L4, dan L5. Untuk standar nilai kelulusan L2 adalah 55% – 65% atau sama dengan 141 – 165 poin. Untuk standar nilai kelulusan L4 adalah 166 – 216 poin atau sama dengan 66% – 85%. Sedangkan untuk L5 kita harus menjawab benar soal ujian sebanyak 86% – 100% atau setara dengan 217 – 255 poin. Tentunya kita ingin sekali lulus dengan hasil yang terbaik, L5. Tapi L4 pun sudah cukup untuk kita tidak mengulang ujian lagi dan sertifikat kita berlaku selamanya dan hanya memperpanjang lagi apabila waktunya telah habis. Lain halnya dengan yang lulus L2, mereka harus mengikuti ujian sertifikat ahli pengadaan barang/jasa lagi.

Adapun trik bagaimana kita bisa lulus ujian dengan asumsi lulus L4 adalah sebagai berikut :
1. Kerjakan soal jenis kedua terlebih dahulu. Mengapa? Karena apabila kita mengerjakan soal jenis kedua minimal anda menjawab benar 47 soal dari 55 soal yang ada maka anda akan lulus L2 tanpa mengerjakan sisa soal yang ada (141 poin). Hal ini bukan berarti kita tidak mengerjakan sisa soalnya tapi kita mempertimbangkan masalah waktu yang diberikan oleh panitia.

2. Kerjakan soal jenis ketiga yang poinnya tentu lebih tinggi yaitu 4 (empat) poin. Ada 10 (sepuluh) soal. Usahakan Anda menjawab minimal 5 (lima) soal benar yang akan memberikan anda nilai poin sebanyak 20 poin. Apabila hal ini bisa Anda lakukan maka total poin yang telah Anda kumpulkan adalah sebanyak 161 poin!

3. Kerjakan soal jenis pertama. Anda hanya membutuhkan 4 poin dari jenis soal ini agar Anda bisa lulus dengan tingkat kelulusan L4! Dan dalam soal ini kemungkinan jawaban benar adalah 50%. Anda tidak perlu membaca soalnya lagi. Tinggal Anda pilih B untuk Benar atau S untuk Salah. Silakan Anda hitamkan semua jawaban sesuai selera Anda. Masa iya ga ada yang nyangkut 2 (dua) soal yang benar. Seandainya Anda dapat 6 (enam) poin dari jenis soal ini maka total nilai Anda adalah 167 poin. Nilai yang sangat masuk akal untuk Anda lulus dengan predikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa L4!!!

Sekarang tinggal bagaimana Anda memposisikan diri menjadi bagian dari tingkat kelulusan tersebut. Silakan hitung baik – baik kemampuan Anda dalam menjawab soal. Selain itu, satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kelulusan seorang peserta ujian yaitu bagaimana cara Anda mengisi lembar jawaban komputer. Menghitamkan lubang yang telah tersedia adalah masalah klasik yang masih sering terjadi di lapangan. Panitia telah menginstruksikan untuk menggunakan pensil jenis 2B tapi terkadang ada juga yang mengisinya dengan ballpoint! Ada juga yang kurang tebal dan keluar dari lingkaran. Kertas terlipat, basah dan sobek. Apabila hal tersebut terjadi maka sampai lebaran sapi pun hasil ujian kita akan tetap L4 (LU LAGI LU LAGI, ikut ujian terussss!) :D

Mungkin itu sedikit apa yang bisa saya berikan. Mudah – mudahan bermanfaat bagi kita semua agar bisa lulus ujian dengan hasil minimal L2 sehingga kita bisa menjadi bagian dari pengadaan barang/jasa pemerintah. Tentunya hal ini senantiasa diikuti dengan terus kita tingkatkan kemampuan kita sehingga predikat AHLI itu dapat kita pertanggungjawabkan.

Terima kasih dan wassalam.

NB:

Tips dan trik di atas juga berlaku pada saat rekan-rekan mengikuti ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Perpres No.54 Th.2010. Semoga bermanfaat ya?

Buat rekan-rekan yang ingin mendapatkan 90 soal latihan lengkap ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Perpres 54/2010, silakan masuk disini.

About these ads
Comments
  1. wahyu says:

    emang beneran bisa lulus L4??
    apa semudah itu kang??

  2. intan says:

    makasia mas ferry untuk tips nya
    kebetulan bulan depan saya mau ikut ujian sertifikasi (LKPP) di Banjarmasin..

    masuk akal juga..
    tapi tetep harus belajar donk… hehehe

  3. ryleeryan says:

    @wahyu :
    namanya juga trik kang… bisa dicoba…tapi tetep harus belajar dan menghitung2 kemampuan kita sendiri. jadi bisa diikuti atau dibiarin aja juga boleh… hehehe

    @intan : mudah2n lulus L4 ya?!
    gud lak..!

  4. Fajar says:

    hehehe…hare gene masih ada yang minat mau lulus…??? sudah pernah merasakan “nikmatnya” jadi panitia apa belum..???

  5. Ferry Yulianto says:

    met datang fajar …
    banyak yang mau lulus lho…
    buktinya masih ada yang ujian ampe 3 atau 4 kali
    emang klo jadi panitia nikmatnya apa fajar??

  6. heldi says:

    Wah bahasannya sangat lengkap sekali… kalau daridulu saya baca trik ini, mungkin saya bisa lulus L-5 nih hehehehe…

    Terima kasih atas tips nya

    Salam
    heldi.net

  7. soal s0al ini saya dapet pas ikut bimtek dan dari beberapa temen sharing
    saya hanya berbagi dengan teman2 yang lain …
    mudah2an bermanfaat mas … :)

  8. Marsudi. SKom says:

    Ass….mat sore mas Ferry,
    Aku agak semangat mau ikut ujian PBJ, maaf mas kalau aku lancang, bisa gak mas minta contoh2 soal dan jawabannya thn 2008 sampai sekarang kalau ada, tlng di email mas

    salam sejahtera selalu bersama keluarga

    Msd

  9. ‘alaikum salam mas marsudi (namanya sama dengan om saya … hehe :) )

    contoh2 soal untuk sementara saya hanya bisa kirim hardcopynya mas
    tapi klo mau soal (tanpa jawabannya) insya Allah saya usahakan kirim

    selamat mencoba ujiannya ya?

  10. Azis says:

    Terimakasih mas fery..
    kebetulan tgl 5-6 agustus nanti saya akan mengikuti ujian sertifikasi
    ini jelas sangat2 membantu saya, dimana saya sama sekali masih buta akan ujian ini. dan disi saya minta izin telah mendownload (copy) 25 soal benar salah dan 55 soal pilihan berganda dan klo boleh meminta lagi sisa nya10 soal contoh kasus..
    dan minta tips trik yg lain mas… :)
    salam

  11. contoh soal kasus sudah saya posting kok mas
    silakan lihat, baca, copy paste di categoty tulisan saya …

    untuk tips dan trik saya rasa ini sudah cukup membantu
    alhamdulillah kemarin teman dari karantina ikan lulus L4

    salam,
    Ferry

  12. giyanto sukabmi says:

    mas gi pa

  13. devi says:

    aslmkum, mas makasih trik n tipsnya..
    sya baru pertama kali ikut ujian sertifikasi tgl 8 agustus 2009 lalu. itu pun tanpa bimtek..
    alhmdlh, sy yg tanpa pengalaman, pertama kali ikut ujian langsung lulus L2..
    n__n

  14. sukses ya?
    mudah2an bisa dijadikan bekal untuk menjadi panitia yang baik dan bertanggung jawab
    insya allah …

  15. musdaliah says:

    makasih ya mas tas trik n tipx mudah2an saya lu2s, minta doanya ya….

  16. semoga bermanfaat ya?
    senang rasanya bisa berbagi …

  17. lanpian says:

    di kepres 80/2003 pasal/ayat berapa yg menunjukan persyaratan kualifikasi kecil
    terima kasih
    lanpian

  18. m.yusuf says:

    Makasih banyak ya.. Mas…… Kayaknya saya kali ini PD abis gitu. Soalnya saya juga akan ikut lagi bulan Juni 2010. Saya nggak perlu L5 cukup L4 aja he..he

  19. makasih lanpiam udah mampir di blog saya …
    pertanyaannya menurut saya agak aneh dan sedikit mau ngetes ya? :D hehehe
    jadi menurut saya agar anda lebih pandai dan punya pengalaman pegang dan baca keppres 80/2003, silakan beli dulu bukunya di toko buku dan silakan cari halaman per halaman. ok?

  20. L4 dengan L5 mah pada hakekatnya sama atuh mas yusuf …. :D
    sukses selalu ya? klo udah lulus ditunggu komen2nya di blog saya ya?

  21. dodo says:

    thanks so much your tip n trik

  22. ade nona says:

    makasih bny tips nya mas, aku dah lulus L4 dari tahun 2008, tapi ga aktif ikut pengadaan, coz masih sibuk thesis juga,yg aku mo tanyain, gmn prosedur perpanjangan sertifikat L4 (4 thn setelah kelulusan), makasih infonya :)

  23. pakdhe poed says:

    Terimakasiih atas tipsnya

  24. Supriyono says:

    mkasih ya mas tips dan trik, kebtulan saya mau ikut ujian 23 Okt mdatang

  25. djeki says:

    Mas, aq br diangkat pns, bag keu. Sama sekali g ngerti ttg pengadaan. Berhub ktr dpt und pelatihan dan sertifikasi bsk rabu tgl 20 okt 2010, aq diutus ikut biar tmbh pengalaman. Jd aq cmn bc2 perpres dlm bbrp hr ini. Tp penasaran, jd bs nemu blog ini deh. Thx, krn aq jd agak melek ttg hal ini. Ya x aja bs lls. He2..

  26. sukses selalu buat anda …

  27. semoga sukses selalu untuk anda … terima kasih

  28. aty says:

    mas ferry, trik ini masih berlaku ga?, sekarang kan udah perpres 54/2010. anyway thanks ya tuk tips dan triknya.

  29. bisa sih … sekarang kan sudah tidak ada lagi lulus dengan predikat L2, L3, atau L4

  30. siwi says:

    tanggal 22 maret besok, saya mo ujian lagi nii.
    nii yang kedua,. doain lulus ya mas..
    maluuu banget nii kalo nda lulus..
    semoga tips ini bermanfaat..

  31. WAwan says:

    contoh soal yang 2010 belum ada kang ???

  32. M.Eka Putra says:

    setelah membaca dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya menjelang ujian….ternyata trik dan tips ini berguna banget (^^,) thanks atas artikel nya.

  33. ajeng says:

    saya bulan depan mau ikut ujian PJB, trima kasih tips n trik nya…moga saya juga bisa lulus dengan belajar, berdoa n tentu nya tip n trik yg anda sharing…

  34. ajeng says:

    pak fery minta tolong contoh ujian terbaru untuk referensi saya ujian bulan depan…tolong kirim k email saya pak…cenil_lautan85@yahoo.co.id……mohon bantuan nya terima kasih

  35. M.Eka Putra says:

    Makasih bos atas tips dan trik nya….
    Ini sudah saya beserta 2 org teman saya menerapkan tips ini..dan hasilnya Amazing….kami bertiga lulus dengan memuaskan *tinggal memperpanjang tiap 4 tahun sekali (^^,)
    semoga yang telah anda share ke kami mendapat balasan dari NYA…..thanks.

  36. M. Eka Putra : makasih sudah memberikan testimoninya
    alhamdulillah bisa membuat anda bahagia
    saya juga dapat tips ini dari seorang guru
    semoga amal kebaikan kita dapat memberatkan di hari pembalasan kelak, aamiin

  37. wawu says:

    tq bos tip n trik u/lulus sertifikasi

  38. fahlevi as says:

    ini tips yang sangat berguna untuk saya…,saya sudah mencoba tips ini dan lulus dengan L4… terima kasih pak…!! tips anda sangat membantu saya…,

  39. raja hindia says:

    terimakasih atas tip trik nya,, mudah mudahan saya lulusujian besok ,,,,doain yaaaaaaaa,

  40. semoga lulus dan ilmu yang didapatkan jadi bekal untuk membangun indonesia menjadi lebih baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s