15 Soal Benar Salah dalam Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa

Posted: April 19, 2009 in Soal Benar Salah
Tags:

Berikut ini adalah soal lanjutan dari 10 soal Benar/Salah yang saya posting sebelumnya. Soal Benar/Salah ini pada saat ujian terdapat 25 (dua puluh lima) soal yang mempunyai nilai 2 poin. Artinya apabila Anda menjawab dengan benar maka poin yang akan didapat adalah 2 (dua). Untuk jawaban salah maka tidak mendapatkan pengurangan poin. Pada soal ujian jenis ini, seperti yang telah saya jelaskan pada tips dan trik, harap dikerjakan terakhir saja ketika Anda selesai mengerjakan soal pilihan ganda/multiple choice. Mengapa? silakan baca tips dan triknya.

Baiklah mungkin Anda sudah tidak sabar dan bahkan tidak membaca bagian pembuka ini … hehehe … Kita langsung ke soal latihannya aja ya …

  1. Pada rapat penjelasan pelelangan, dapat disepakati perubahan metode pemilihan yang kemudian dituangkan dalam addendum dokumen lelang.  (S)
  2. Syarat – syarat kontrak dan jenis kontrak satuan yang akan digunakan harus sudah termuat dalam dokumen lelang.  (B)
  3. Panitia pengadaan tetap ikut bertanggung jawab atas kontrak yang ditandatangani yang tidak sesuai dengan pengusulan dalam dokumen lelang.  (S)
  4. Penyedia barang yang akan mengikuti lelang pascakualifikasi harus dapat menunjukkan surat izin usaha sebagai penyedia jasa pada saat mendaftar. (S)
  5. Dalam pelelangan umum, penyedia yang tidak memenuhi persyaratan kualifikasi tidak boleh mendaftar pada panitia pengadaan. (S)
  6. Koperasi Pegawai suatu instansi dilarang mengikuti pelelangan umum di instansi yang bersangkutan karena menimbulkan pertentangan kepentingan. (S)
  7. Dalam pelelangan umum dengan sistem gugur, bila penawaran yang memenuhi syarat administrasi hanya 1 (satu) dari 10 (sepuluh) penawaran yang masuk maka lelang diulang. (B)
  8. Pegawai Negeri Sipil yang menandatangani kontrak sebagai penyedia termasuk melakukan tindak pidana korupsi.  (S)
  9. Pengumuman lelang dilarang mencantumkan persyaratan yang mewajibkan perusahaan memiliki Surat Izin Domisili.  (B)
  10. Penyedia barang dapat dikenai sanksi black list oleh Pejabat Pembuat Komitmen karena setelah ditetapkan menolak untuk menandatangani kontrak.  (B)
  11. Bila diinginkan barang dengan kualitas yang terbaik, barang yang memiliki spesifik teknis terbaik dapat dipilih walaupun harga penawarannya tinggi.  (S)
  12. Pengadaan 4 buah sepeda motor dengan nilai Rp.45 juta dapat dilakukan dengan meminta sepuluh penawaran dan memilih penawaran harga yang paling rendah yang memenuhi spesifikasi.  (S)
  13. Usaha besar yang mengikuti pelelangan umum di bawah Rp.500 juta tidak perlu diwajibkan memiliki dukungan keuangan dari bank.  (S)
  14. Dalam proses dengan pascakualifikasi, perusahaan yang memiliki lebih besar mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada badan usaha yang memiliki modal lebih kecil.  (S)
  15. Gubernur bersama – sama dengan para pejabat pembuat komitmen dan semua anggota panitia pengadaan dapat menandatangani pakta integritas sebelum pengadaan dilakukan.  (S)

Yah, akhirnya selesai juga ngetik soal jenis Benar/Salah ini. Mudah – mudahan dapat membantu gundah gulana temen – temen yang mau ikut ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa sesuai dengan Perpres No. 54 Tahun 2010. Harapan saya teman – teman bisa lulus dengan sempurna sehingga bisa menjadi andalan satkernya masing – masing. Syukur – syukur bisa membantu satker lain (kan lumayan buat tambah – tambah honor … hihi).

Akhirul kalam, terima kasih sudi mampir ke tempat saya yang biasa – biasa ini. Bagi yang menginginkan 90 soal lengkap, silakan masuk disini atau kirimkan email anda di ferrykepegawaian@yahoo.com.

Best Regard,

Ferry Yulianto

Comments
  1. Boed_ikan says:

    Om…minta kunci jawabanya to… Klo bs sekalian pembahasannya kok jawabannya itu. Usul aja c🙂

  2. Ferry Yulianto says:

    wes tak edit mas … coba di refresh lagi …
    pasti muncul jawabannya …
    pembahasan ya??
    ya uda ntar tak coba dibahas … maunya sich bisa jadi forum diskusi …🙂

  3. arif hidayatullah says:

    mas saya mau ujian sertifikasi tanggal 26 Juni 2009 do’akan lulus and tolong kasih tipnya and soalnya di email saya ; arifrita4@yahoo.co.id maturnuwun sanget trims. wassalamu’alaikum Wr. Wb

  4. tatang says:

    mas,besok saya mau ikut ujian..bisa minta tolong tip n contoh soalnya dikirim hari ini ke batanx17@yahoo.com..Terima kasih..

  5. sepertinya saya telat membalas comment anda
    maaf ya …
    untuk tips dan trik silakan pilih kategori tulisan saya
    disana sudah ada tips dan trik untuk bisa lulus ujian
    selamat mencoba …🙂

  6. Hari says:

    Pak, saya ada sedikit sharing untuk soal no 7. Kalau menurut saya sih jawabannya salah. karena lelang akan diulang kalau yang memasukkan penawaran kurang dari 3 atau tidak ada yang memenuhi syarat/lolos seleksi (sesuai dengan lampiran I Keppres 80 BAB II point A.1.m.1)). Jadi untuk soal di atas karena ada 1 yang lolos adm berarti lelang tetap dilanjutkan dengan evaluasi teknis dst. kalau ini lolos berarti ini yang menang. Kalau ini gak lolos sampai evaluasi akhir, lelang baru akan di ulang.
    Kira-kira gimana menurut Pak ferry??

  7. Iya mas Hari … bener sekali pendapat mas Hari …
    seharusnya jawaban yang benar adalah SALAH.

    kebetulan juga saya alami beberapa bulan yang lalu. pada saat proses evaluasi, hanya ada 1 perusahaan yang lulus adm, teknis, dan harga.
    Finally, hanya satu perusahaan saja yang jadi pemenang.

    makasih ya atas koreksinya …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s