Soal Latihan No.2

Posted: May 19, 2009 in Soal Pemanasan
Tags:

2. Pekerjaan-pekerjaan konstruksi dengan pagu anggaran sebesar Rp.6 milyar dapat diikuti oleh penyedia yang mempunyai pengalaman dengan nilai minimal :
a. Rp.500juta.
b. Rp.1 milyar.
c. Rp.2 milyar, atau.
d. Rp.5 milyar.
Jawaban yang paling tepat adalah C (charlie)

Mau 90 soal lengkap dengan jawaban? Langsung masuk disini aja.

Comments
  1. Ruddy Michael says:

    Apakah Panitia tdk dapat melakukan negoisasi pengadaan barang dalam pelelangan umum seperti jawaban d (delta) ? trma kasih

  2. dalam pelelangan umum tidak ada proses negosiasi mas …
    yang bisa dilakukan proses negosiasi ada pada pelaksanaan Penunjukan Langsung
    coba silakan cek di keppres 80 tentang urutan kerja pelaksanaan untuk masing – masing kegiatan lelang mulai dari penunjukan langsung, pemilihan langsung, pelelangan terbatas, dan pelelangan umum ….

    thanks for coming mas Ruddy …😀

  3. Rohima says:

    Lumayan membantu nih….terus terang saya buta banget tentang pengadaan barang jasa ini, pernah sekali tes tanpa ikut bimtek n hasilnya ga lulus hehehe tapi wajar aja sih karena ga pernah terlibat dunia lelang trus tiba2 disuruh ikut tes, begitulah hasilnya…dan tahun ini malah ditunjuk jadi anggota dengan ketua yang juga ga ngerti apa2…pusing banget mesti dadakan otodidak…so ditunggu lagi berita2nya tentang p2bj ini

  4. kebanyakan yang terjadi di satker adalah seperti itu mbak rohima. kita (staf) dipaksa untuk bisa menjadi ketua/panitia pengadaan. dengan sedikit pengalaman (bahkan tanpa pengalaman) seringkali kita dikerjain sama rekanan/perusahaan. ujung2nya, banyak sanggahan yang masuk karena panitia tidak menguasai materi dan pada akhirnya stress dan tidak mau jadi anggota panitia lagi. sebenarnya, jika kita mau sedikit meluangkan waktu untuk belajar, pelelangan mudah koq. asal jangan keluar dari keppres 80 tahun 2003 beserta perubahannya. terus belajar ya mbak rohima. sukses selalu.

    salam dahsyat … !

  5. okta says:

    mas, mau tanya,
    yang menetapkan jadwal pengadaan itu bukannya pengguna barang ya?

  6. setelah DIPA satker turun, instansi harus sudah mempersiapkan untuk kegiatan belanja modal. untuk jadwal pengadaan, pengguna anggara/barang atau kuasa pengguna anggaran/barang wajib membentuk panitia pengadaan / menunjuk pejabat pengadaan yang berfungsi sebagai tim untuk melaksanakan kegiatan belanja modal. Jadi, yang menyusun jadwal kegiatan biasanya panitia pengadaan dan ditetapkan oleh PPK.

  7. setelah DIPA satker turun, instansi harus sudah mempersiapkan untuk kegiatan belanja modal. untuk jadwal pengadaan, pengguna anggara/barang atau kuasa pengguna anggaran/barang atau PPK (karena di beberapa instansi PPK dan KPA dirangkap) wajib membentuk panitia pengadaan / menunjuk pejabat pengadaan yang berfungsi sebagai tim untuk melaksanakan kegiatan belanja modal. Jadi, yang menyusun jadwal kegiatan biasanya panitia pengadaan dan ditetapkan oleh PPK.

  8. lia says:

    saya dipaksa harus ikut sertifiksasi dan harus lulus,,
    saya sdh pernh ikut sekali tapi ngk lulus,,
    kemudian skrng saya di suruh ikut lg,, dan harus lulus,,
    saya bingung gmn ya biar saya lulus,, soalnya terkadang mnjebak daan membingungkan,,

  9. kita harus paham betul tentang proses pengadaan barang/jasa pemerintah mbak lia …
    banyak2 baca keppres 80/2003 dan sebisa mungkin dipraktekan dalam pelelangan
    terima kasih sudah mampir di blog saya …

    salam dahsyat

  10. edi says:

    Izin joint mas….terima kasih atas ilmunya: tapi saya mau tanggapin dikit yach…soalnya saya gak mudeng (maklum lagi belajar juga mas….)

    “Buka dulu Keppres Bagian Kedua Paragraf Kedua Pasal 10. Silakan cocokkan. Untuk jawaban C (charlie) kurang tepat karena kalau bisa dengan hanya satu pejabat pengadaan kenapa harus dengan membentuk panitia pengadaan. Ingat prinsip dasar pengadaan adalah EFEKTIF dan EFISIEN” saya rasa kurang tepat, karena dalam soal PPK membentuk panitia pengadaan dengan salah satu tugas bla…bla..bla…berarti memang fokusnya adalah pada tugas panitia pengadaan….jadi gak bisa ada alasan “kalau bisa dengan hanya satu pejabat pengadaan kenapa harus dengan membentuk panitia pengadaan”. kalau pendapat mas ferry seperti itu bararti soalnya yang dipertanyakan…

    Saya setuju dgn pendapat mas okta bahwa yang bertugas menetapkan jadwal adalah Pengguna Barang atau PPK, sedangkan kalau di pasal 10 point a. “menyusun jadwal dan menetapkan cara pelaksanaan serta lokasi pengadaan”. Jadi panitia bukan menetapkan tapi hanya menyusun mas…….

    Thx.

  11. memang agak ambigu ya pertanyaannya ….
    dalam soal ini saya mengartikannya tugas PPK
    tapi mungkin anda mengartikannya tugas Panitia …

    klo penjelasan anda merujuk kepada tugas panitia, saya sangat setuju mas …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s