Permasalahan Pengadaan Jasa Konstruksi

Posted: May 27, 2009 in Serba Serbi
Tags:

Dalam kegiatan pelelangan umum jasa konstruksi, kita sebagai panita pelelangan terkadang menemui hambatan – hambatan. Apalagi bagi mereka yang sama sekali belum pernah dan baru pertama kali menjadi anggota panitia pelelangan. Ketika saya pertama kali mengikuti pelelangan tahun 2006, kesulitan saya temui pada saat saya harus berinteraksi langsung dengan rekanan/penyedia barang/jasa. Argumen – argumen yang mereka utarakan terkadang menyudutkan panitia sehingga terkesan pelelangan tersebut milik mereka. Padahal, secara logika, kita yang mempunyai dana dan membuat aturan untuk ditaati penyedia agar proses pelelangan berlangsung tertib dan aman.

Permasalahan yang pertama muncul adalah pada saat pendaftaran. Untuk pendaftaran, memang tidak diwajibkan direktur yang harus datang mendaftar. Diperbolehkan staf yang mendaftar atau orang yang diberikan kuasa. Dalam hal ini, kita hanya bisa mempersilakan penyedia sebagai pendaftar untuk menunjukkan SBU atau IUJK asli. Karena sebelum mendaftar, kita harus perhatikan apaka bidang dan subbidang yang mereka tawarkan sesuai apa tidak dengan jenis pekerjaan yang akan dilelangkan. Sebagai contoh, apabila di sebuah instansi akan membangun gedung dengan nilai paket Rp.800.000.000,- maka SBU yang dipakai haruslah mempunyai Bidang Arsitektural dan Subbidang Bangunan – Bangunan Non Perumahan Lainnya dengan kode 21005. Gred yang sesuai adalah Gred 4. Untuk Gred di bawah Gred 4 disarankan untuk tidak mendaftar. Silakan baca penjelasannya lebih lanjut tentang SBU, Bidang, Sub Bidang, disini.

Pada saat penjelasan, tentunya tidak ada persoalan yang berarti karena untuk spesifikasi teknis dan gambar – gambar akan dijelaskan oleh Konsultan yang telah terikat kontrak Jasa Konsultansi Perencanaan sebelum dilaksanakannya tender. Mereka yang akan menjelaskan gambar beserta volume pekerjaan yang akan dilaksanakan. Yang terpenting adalah bagaimana cara melaksanakan pelelangan dan membuat dokumen pelelangan yang baik. Untuk jasa konstruksi (pemborongan) standar dan pedoman pengadaan jasa konstruksi mengacu kepada KEPUTUSAN MENTERI PERMUKIMAN DAN PRASARANA WILAYAH, NOMOR :257/KPTS/M/2004
TENTANG STANDAR DAN PEDOMAN PENGADAAN JASA KONSTRUKSI. Silakan download disini. Untuk STANDAR DOKUMEN PELELANGAN NASIONAL PEKERJAAN JASA PELAKSANAAN KONSTRUKSI (PEMBORONGAN), silakan download disini.

Cukup sekian dari saya. Mudah – mudahan yang sedikit ini bisa cukup membantu teman – teman dalam mempersiapkan pekerjaan pelelangan terutama pengadaan jasa konstruksi (pemborongan). Jika ada kesalahan dari penjelasan saya, kiranya teman – teman bisa mengkritik sehingga bisa menjadi baik dan benar.

Salam Hangat,
Ferry Yulianto

Comments
  1. panitia says:

    Dimana-mana sama permasalahannya

  2. makasi da mampir ….
    iya, terkadang rekanan lebih dominan
    padahal Pengguna yang punya dana tapi dikendalikan oleh Penyedia

    :doh:

  3. agus says:

    dari pada jadi panitia mendingan jadi kontraktor..

  4. iya mas agus …
    lebih baik jadi kontraktor
    seandainya PNS bisa buat perusahaan, pasti sudah banyak tuch yang jadi kontraktor … hehe :p

  5. faried says:

    mas, apa tdk sebaiknya mengacu pd permen PU no 43/2007 ? seingat saya 257 sdh diperbarui dgn 43/2007. tks.

  6. makasih untuk koreksinya …
    memang sudah ada perkembangan
    saya juga sudah dapat koq yang baru (43/2007)
    hanya belum sempat diedit postingan ini
    makasih ya atas sarannya …

  7. boed_koe says:

    Berharap kondisi yang ideal…biar sama2 enak/tenang…. Kpn bs gt ya,Om?

  8. yah … terkadang manusia tidak puas dan tidak sadar dengan kekurangannya …
    semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan negara
    amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s