Jakarta International Defense Dialogue JIDD 2012– Strengthening Security and Stability

Posted: March 21, 2012 in Uncategorized

Kegiatan JIDD pada tahun ini diselenggarakan pada tanggal 21-23 Maret 2012. Kegiatan selama tiga hari ini diawali dengan welcome speech oleh Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro dan dilanjutkan oleh Mr. Ban Ki-Moon, Sekjen PBB, sebagai pembicara kedua dalam kesempatan kali ini. Ban Ki-Moon menjelaskan tentang pentingnya kerjasama antar negara untuk sama-sama memahami jamaknya ancaman yg dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional dan international. Beliau juga menjelaskan tentang situasi konflik pengakuan atas Laut Cina Selatan.

Setelah kedua speech tersebut, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi membuka dialog ini setelah presidential speech-nya. SBY dalam speech-nya menjelaskan tentang fungsi dan manfaat Pemerintah dan Bangsa Indonesia dalam peran sertanya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan perdamaian dan kemanusiaan. SBY juga berterima kasih kepada Universitas Pertahanan Indonesia atas peran sertanya dalam berbagai usaha atas suksesnya acara JIDD 2012 kali ini.

JIDD 2012 ini dihadiri oleh beberapa utusan dari negara tetangga. Mereka juga berkesempatan untuk berbicara mengenai peran serta mereka dalam upaya pertahanan negara sebagai perbandingan bagi beberapa negara yang hadir dalam dialog kali ini. Hal ini sangat bermanfaat karena pengalaman yang mereka bagikan dapat dijadikan pemikiran atas kasus yang sama apabila terjadi di Indonesia atau negara lain.

Sebagian besar para pembicara banyak fokus pada topik pertahanan dan ketahanan negara atas ancaman pertahanan lintas negara (transnasional) yang tidak mengenal batas negara seperti cyber crime dan terorisme. Salah satu keynote address, Mr. Lee Young Geol (Wakil Menteri Pertahanan Korea Selatan) mengatakan bahwa ancaman nontraditional perlu diatasi bersama-sama antar bangsa dengan berbagai pertimbangan efisiensi respon terhadap ancaman kejahatan tersebut. Tentunya akan lebih mudah bagi suatu negara melawan kejahatan transnasional secara bersama-sama daripada harus mengatasi permasalahan yang ada dengan sendiri-sendiri.

Beberapa utusan negara yang hadir dalam acara JIDD 2012 ini dihadiri oleh Kay Rala Xanana Gusmao (Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Timor Leste), Dr. Ng Eng Hen (Menteri Pertahanan Singapura), Lt. Gen. V. R. Masondo (Chief of South African Army), Ms. Valerie Amos (UN-OCHA), Mr. Fidel Ramos (mantan Presiden Filipina), Dr. Greg Barton (Monash University, Australia), Air Marshal Liu Yazhou (NDU of China), Lieutenant General Michael Flynn (National Intellegent, USA), dan Mr. Walter Stevens (European Union).

Untuk pembicara nasional, panitia JIDD 2012 juga mengundang beberapa tokoh yang sangat penting terkait dengan upaya signifikan negara dalam mewujudkan pertahanan dan keamanan nasional yang ideal, baik itu ancaman tradisional maupun nontradisional. Para pembicara tersebut adalah Brig. Gen. Tito Karnavian (Komandan Densus 88 RI), General (Police) Timur Pradopo (Kapolri), Mr. Kemal Stamboel (anggota DPR-RI Komisi XI), LTG Suryo Prabowo (Kepala Staf Umum TNI AD), Dr. Syamsul Maarif (Kepala BNPB), Air Marshal (TNI) Daryatmo (Kepala Badan SAR Nasional), dan Mr. Rizal Sukma (CSIS).

Tujuan akhir dari kegiatan dialog international ini tentunya adalah bagaimana membangun kerjasama antar negara untuk bersama-sama mengatasi permasalahan ancaman transnasional yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan pertahanan suatu negara. Upaya bersama tentunya akan lebih efektif untuk mengatasi setiap ancaman yang dapat menimbulkan kerugian yang tak ternilai harganya seperti dampak kemanusiaan bagi masyarakat sipil, seperti dampak kejadian akibat perang ataupun bencana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s