Berita Bahagia Kelulusan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa

Posted: June 5, 2012 in Serba Serbi

Kehidupan manusia itu tak ubahnya sandiwara. Adakalanya cerita hidup ini penuh dengan canda tawa bahagia. Di babak berikutnya, cerita pilu kehidupan mewarnai lembaran sejarah hidup yang tak bisa terhapuskan dari ingatan. Semua itu adalah rahmat dari Alloh SWT.

Ada kalanya kita sedih karena kegagalan dan menyalahkan apapun di sekitar kita untuk mencari kambing hitam. Saya jadi ingat saat masih kecil dulu, orang tua kita sering mengajarkan kepada kita apabila kita menangis : pukullah apa yang membuat kaki kita tersandung, pukullah apapun yang membuat kepala kita terbentur. Salahkan objek itu biar hati kita lepas menyalahkan dan hati kita terpuaskan. Padahal, sebaiknya kita menyadari bahwa semua itu adalah karena kelalaian kita, karena ketidakmampuan kita menjaga diri dari bahaya.

Di lain cerita, tentu ada sebagian hidup ini dihampiri perasaan berbunga-bunga. Sukses karena lulus ujian, sukses karena melewati rintangan, pencapaian target kinerja, bisa membanggakan orang tua, memuaskan pimpinan, dan lain sebagainya. Kesombongan seringkali hadir menyelimuti perasaan kita. Tak peduli siapa yang membantu kesuksesan kita tersebut. Semua adalah atas upaya kita sendiri. Ketika seorang anak pandai lulus UN tingkat SMA, wajahnya berbinar-binar. Hatinya diselimuti perasaan bahwa dirinya adalah pintar. Padahal, banyak orang di sekitar yang membawanya menuju kesuksesan. Orang tuanya yang membiayainya sekolah, sopir pribadinya yang mengantarkan ia sekolah, atau sopir angkot yang hanya meminta bayaran 2.000 perak saat mengantar ia untuk tidak telah saat masuk pintu gerbang sekolah. Ada para guru yang membimbingnya mengenal ilmu pengetahuan. Ada teman yang meminjaminya buku atau catatan. Ada banyak hal di sekelilingnya yang menghantarkan ia sampai pada titik kesuksesan dan kebahagiaan.

Adapun semua itu adalah karunia, berkah, dan rahmat dari Alloh SWT. Dia Yang Maha Tahu. Terkadang kegagalan membawa kita pada kesedihan dan keterpurukan dan kesuks esan membawa kita pada kesombongan. Buat saudara-saudaraku yang diberi kelulusan hari ini, berbahagialah dan bersyukurlah atas nikmat itu. Buat saudaraku yang belum menikmati kelulusan hari ini, yakinlah bahwa Alloh SWT mempunyai rencana yang lebih besar dalam hidup kita. Terkadang apa yang kita anggap buruk itu belum tentu jelek. Begitu pula sebaliknya, apa yang menurut kita sempurna belum tentu jadi yang terbaik buat kita. Semoga Alloh senantiasa melindungi kita dan memberikan rahmatNya pada hidup kita. Bersyukur atas apapun pilihan yang telah ditetapkan pada kita sebagai hambaNya. Insya Alloh, Aamiin.

 

Selamat buat para sahabat yang lulus di bawah ini. Alhamdulillah soal-soal yang saya bagikan bermanfaat buat Anda semua. Terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s