Disaster Risk Reduction

Indonesia adalah supermarket bencana. Ada pula yang mengatakan bahwa Indonesia adalah laboratorium bencana.  Namun, apakah semua masyarakat telah memahami karakteristik daerahnya? Apakah masyarakat telah diberikan pendidikan yang cukup terhadap upaya pengurangan risiko terhadap kerentanan dan bahaya yang dihadapi di lingkungannya?

BNPB selaku instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan penanggulangan bencana di Indonesia telah memberikan berbagai macam pelatihan terkait dengan upaya pengurangan risiko bencana di Indonesia. Instansi terkait seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) pun juga banyak memberikan pelatihan bagi masyarakat terkait dengan upaya tanggap darurat bencana.

Namun, untuk mengatasi permasalahan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana, jawabannya adalah masyarakat harus kuat dan mandiri sebelum bantuan dari pemerintah datang karena bagaimanapun, mereka yang terlibat pertama kali sesaat atau ketika bencana hadir adalah masyarakat itu sendiri. Oleh karena itulah, kemampuan masyarakat dalam mengatasi bencana harus terus ditingkatkan. Kemandirian sebagai bangsa yang tahan bencana harus ditanamkan dalam hati agar kelak ketika bencana datang, masyarakat akan mampu mengatasi permasalahan yang ada sambil menunggu bantuan dari pemerintah datang.

Untuk itulah, lewat dunia pendidikan anak, semestinya informasi seputar manajemen bencana khususnya pada bidang pengurangan risiko bencana dapat dikembangkan dan ditingkatkan agar mereka kelak mampu dan percaya diri memahami lingkungannya yang rentan terhadap bencana dan mampu mengatasi atau meningkatkan kapasitas/kemampuan sebagai upaya pengurangan risiko untuk meminimalisasi korban jiwa, harta benda, dan lingkungannya.

Salah satu upaya blog ini adalah untuk melaksanakan penguatan masyarakat terhadap program pengurangan risiko bencana dengan memberikan pelatihan disaster management for children. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang berbagai upaya pengurangan risiko bencana bagi para siswa yang ada di Yayasan Karang Madya Depok. Program tersebut akan coba dijalankan melalui (salah satunya) donasi yang rekan-rekan berikan sebagai upaya penguatan program-program yang akan dijalankan maupun (insya Allah) terkait dengan biaya operasional Yayasan Karang Madya serta beasiswa bagi anak-anak jalanan yang mereka pelihara.

Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan kita kesehatan dan kecerdasan dalam berpikir dan dalam memilih yang baik, benar, dan halal untuk bisa berbuat sesuatu bagi bangsa dan negara ini. Insya Alloh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s