Lengkap! 90 Soal Latihan dan Jawaban Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Bag.2

Salam,
Sebelumnya terima kasih telah main – main di blog saya yang jelek ini. Maaf bila tidak ada suguhan buat para tamu yang hadir. Duduknya juga silakan bawa kursi masing – masing. Jangan lupa tulis daftar hadir dan ada kotak infaq dan shodaqoh untuk para dhu’afa. Terima kasih.
Baiklah mungkin Anda semua sudah tidak sabar lagi untuk membahas soal ujian sertifikasi ini. Yang perlu Anda semua perhatikan dari awal adalah jawaban yang saya berikan BUKAN jawaban mutlak BENAR. Tapi saya akan melakukan pendekatan berdasarkan Perpres Nomor 54 Tahun 2010.
Sebenarnya soal ujian yang ada adalah soal ujian yang selalu dibolak balik dan selalu itu – itu saja. Hanya terkadang kita terjebak pada situasi yang membingungkan. Kebanyakan dari kita tertipu pada kosakata dan phrase yang digunakan pada soal ujian. Kata “kecuali” pada akhir soal sering tidak terbaca karena terburu – buru sehingga jawaban kita menjadi salah. Ada kata “harus”, “dapat”, “boleh” yang bisa membuat kalimat menjadi rancu dan ambigu. Hal ini wajar karena memang itulah tujuan dari pembuat soal agar kita benar – benar teliti dalam menganalisa soal.
Baik. Saya akan mulai dengan contoh soal yang dalam hal ini saya akan membahas Jenis Soal Kedua. Tapi sebelumnya, silakan Anda matikan handphone Anda. (Becanda…. bapak – bapak dan ibu – ibu jangan serius gitu dong… rileks ajah…)

1. Setelah SPPBJ diterbitkan selanjutnya dilakukan penyelesaian (finalisasi) terhadap rancangan kontrak oleh :
a. KPA.
b. PPK
c. ULP, atau.
d. PA.
Jawaban yang paling tepat adalah B (Bravo).

Soal No. 2

Soal No.3

Soal No.4

Soal No.5

Bagi rekan-rekan yang ingin sekali mendapatkan soal latihan lengkap 90 soal latihan terbaru, silakan kemari . Soal – soal tersebut saya dapat dari berbagai sumber yang tentunya bukan menjadi jaminan bahwa soal tersebut harus keluar dalam ujian yang akan Anda ikuti kelak.

Best Regard,
Orang Yang Mau Berbagi Demi Kemajuan Bangsa

18 thoughts on “Lengkap! 90 Soal Latihan dan Jawaban Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Bag.2

  1. wah, bagus juga ada pembahasan seperti ini..
    lumayan membantu
    saya berharap soal yang nanti keluar dalam ujian adalah soal yang mirip dengan yang mas ferry bahas disini…
    hihihi (ngarep mas ceritannya… 🙂 )

  2. mas…salam milan dulu dech…!!
    makasi lho 4 this blog post
    kita jadi lebih tau..
    kebetulan saya anggota panitia tapi belum pernah ikut ujian…
    ::nunggu giliran::mode_on::
    🙂

  3. @intan : banyak berdoa ya??

    @milan : banyak belajar biar ntar giliran datang, ga bingung…. silakan tidur dengan bantal Buku KEPPRES 80 TH.2003
    😀

  4. makasih atas infonya.. kebetulan bulan ni sy ikut diklat pengadaan barang/jasa…

  5. sebelumnya makasih khey sudi mampir kemari…
    mudah2n lulus L4 ya?
    uda baca tips dan trik lulus L4 blm?

  6. wah saya telat mas .. udah ujian..tapi belum tau lulus apa nggak !!

  7. kira kira soalnya mirip ga dengan yang saya tulis ini??

  8. ass…., salam kenal. ikut bergabung yaaa…., bln dpn insya Allah akan ikut diklat dan ujiannya dan pembahasan soalx sangat membantu sekali. trims. wassalam.

  9. Ferry Yulianto May 20, 2009 — 4:22 pm

    mkasih meuthia …
    sebenarnya tulisan ini saya buat untuk para PNS yang kesulitan dalam mendapatkan soal2 latihan
    saya juga surfing dan googling di internet ga dapet2
    makanya pas selesai ikut Bimtek pengen berbagi dengan temen2 yang lain di Indonesia

  10. Ass….,

    Apa kabar Bapak dan Keluarga, Semoga kita semua selalu dalam lindingau Allah SWT,

    Masih Ingat saya kan pa?

    Melly d Berau Kaltim.

    Oya Minal Aidzin Walfaidzin ya pa…., belum telatkan, he he he.

    Oya pa Trims ya soal-soalx, Alhamdulillah sy lulus walopun BARU L2…, he he he

  11. saya selalu ingat dengan saudari saya yang jauh di kalimantan ini
    apa kabar Ibu Melly …
    Saling memaafkan tidak harus saat lebaran kan?
    Mohon Maaf Lahir Batin juga ya bu …
    Selamat sudah lulus L2
    itu sudah cukup membuktikan bahwa ibu adalah orang2 pilihan yang layak duduk sebagai panitia pelelangan … 🙂

    salam buat keluarga disana …
    mudah2an ada waktu kita bisa saling bertemu
    Thanks a lot

  12. Salam Kepres

    Pak saya coba kirim email ke alamat bapak untuk meminta soal-soal Latihan dan Jawaban Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa
    tapi :

    :
    72.14.213.27 does not like recipient.
    Remote host said: 550-5.1.1 The email account that you tried to reach does not exist. Please try
    550-5.1.1 double-checking the recipient’s email address for typos or
    550-5.1.1 unnecessary spaces. Learn more at
    550 5.1.1 http://mail.google.com/support/bin/answer.py?answer=6596 x32si7247657wfd.72
    Giving up on 72.14.213.27.

    :
    66.94.236.34 failed after I sent the message.
    Remote host said: 554 delivery error: dd This user doesn’t have a yahoo.com account (rylee_ryan@yahoo.com) [0] – mta1133.mail.mud.yahoo.com

    Mohon kiranya bapak berkenaan mengirim soal-soal latihan dan jawaban ke alamat email saya.

    Makasih pak sesudah dan sebelumnya.

  13. salam kenal mas….sy dari surabaya….mau ikutan diklat bln oktober 2010 ini di UNAIR…doain ya…makasih

  14. semoga suksess selalu untuk pas sutrisno … amien
    terima kasih sudah sudi mampir di blog saya …

  15. Eko Hadi Saputra May 6, 2011 — 3:02 pm

    Bagus pembahasanan soalnya, tolong di email dong contoh soal lainnya ke email kami.. Tks

  16. Sangat berterima kasih bisa bergabung. Saya sekarang fokus belajar Soal pengadaan barang jASA yang sesuai pp 54. Bila Ada buku Soal Soal yg bisa Saya order atau beli tolong mohon dikonfirmasi.

    Regards.
    Sustih hasugian

  17. salam kenal bpk ferry
    senang sekali sy bergabung dengan blok ini, dan mendapat info yg dpt menunjang kopetensi dlm pengadaan barang dan jasa, mudah2an info ini dapat menambah kesuksesan dan keberhasilan utk mendapatkan Sertifikasi dan bekerja baik utk saya maupun utk teman2 lainnya … aminnnn

  18. terima kasih.. semoga blog ini bermanfaat buat semuanya…

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close